Minggu, 08 Desember 2019
   EN   

I Info BKIPM

Sosialisasi kegiatan pelatihan pemahaman SNI ISO/IEC 17025 : 2017, Validasi Metode dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran Mikrobiologi di BKIPM Ambon

Tindak lanjut kegiatan pelatihan pemahaman SNI ISO/IEC 17025 : 2017, Validasi Metode dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran Mikrobiologi yang telah dilaksanakan di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta pada tanggal 22 – 26 April 2019, maka Balai KIPM Ambon perlu melakukan sosialisasi kegiatan tersebut kepada seluruh personil laboratorium. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 bertempat di ruang rapat Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ambon (BKIPM Ambon).

Kegiatan sosialiasi berupa materi pemahaman SNI ISO/IEC 17025 : 2017 meliputi persyaratan umum, struktural, sumberdaya, persyaratan proses dan manajemen. Selain itu membahas tentang analisa resiko dan peluang peningkatan laboratorium. Materi berikutnya berupa validasi metode pengujian mulai dari persiapan validasi, penggunaan bahan acuan, pengunaan matriks sesuai dengan PERKA BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang kategori pangan, cara melakukan perhitungan recovery dan pengolahan data secara kuantitatif/kualitatif. Untuk materi estimasi ketidakpastian pengukuran dimana pengukuran bersifat kuantitatif, mampu mengindentifikasi kontribusi ketidakpastian pengukuran dan cara mengevaluasi pelaksanaan ketidakpastian pengukuran.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah Balai KIPM Ambon membuat tim validasi atau verifikasi metode pengujian dan membuat prosedur estimasi ketidakpastian pengukuran untuk mikrobiologi.

Komentar




Search