Rabu, 13 Desember 2017
   EN   

I Info BKIPM

BKIPM GOES TO CAMPUS KULIAH UMUM DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA PALEMBANG

Kegiatan dengan tema “Peran BKIPM dalam Perlindungan dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Ikan Indonesia”, disampaikan oleh Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumianto, A Pi, MM di hadapan 500 orang civitas akademika dan mahasiswa Universitas Sriwijaya. Di sampaikan Widodo, sesuai data tingkat konsumsi ikan per kapita, rata-rata orang  Indonesia mengkonsumsi ikan sebanyak 43 kg per tahun, namun target Kementerian Kelautan dan Perikanan di tahun 2018 tingkat konsumsi ikan perkapita adalah sebanyak 47 kg per tahun.

“Sebenarnya ini masih di bawah negara ASEAN yang lain, namun untuk konsumsi ikan di Sumatera Selatan di atas rata-rata penduduk Indonesia”, bebernya seusai acara.

                    

                    

Dalam Perlindungan Sumberdaya Ikan, lanjur dia, BKIPM selama tahun 2017 berhasil menyelamatkan sumberdaya ikan hampir Rp500 miliar, meningkat dari tahun 2016 sebesar Rp300 miliar. Angka ini pun belum terhitung jumlah kerugian yang diamankan dari imbas yang diamankan tersebut. Lanjutnya lagi, untuk tahun 2017 BKIPM berkerjasama dengan Bareskrim Polri mulai menangani tiindak pidana pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku pengeboman ikan atau destructive fishing.

“Perlindungan terhadap konsumen dan masyarakat pembudidaya ikan juga dilakukan dalam penggagalan beberapa impor ikan ilegal, salah satunya kasus impor ikan dori beberapa waktu yang lalu”, ungkapnya.

Dalam Kegiatan ini juga diberikan bantuan benih Biibit ikan Patin sebanyak 30.000 ekor dari BKIPM untuk masyarakat petani binaan Universitas Sriwijaya yang diserahkan Kepala Pusat Pengendalian Mutu kepada Wakil Rektor IV UNSRI Prof. Muslim  dan penyerahan sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) kepada 6 (enam) supplier produk perikanan di Sumatera Selatan.

            

            

 

"Team Wasdalin"

 

Komentar




Search