Senin, 20 November 2017
   EN   

I Info BKIPM

FAPETKAN UNIVERSITAS TADULAKO GANDENG BKIPM PALU DALAM PERKULIAHAN

Selasa-17 Oktober 2017, telah diselenggarakan kuliah Manajemen Kesehatan Ikan pada Program studi Akuakultur, Universitas Tadulako-Palu. Yang berbeda dari perkualiahan ini adalah dilibatkannya Stasiun KIPM Kelas I Palu sebagai pemateri pada perkuliahan tersebut. Bapak Khoirul makmun (Ka SKIPM Palu) dan Irmawan syafitrianto (Ka. Subsi Wasdalin) secara bergantian dan sistematis memberikan kuliah pada mahasiswa dan beberapa dosen.

Dilibatkannya SKIPM Palu sebagai pengajar di Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako merupakan buah dari kesepakatan perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani oleh bapak Dr. Reza Priyatna (Ka. puskari) 2 bulan yang lalu. Kilas balik, sebagai kesepakatan perjanjian kerjasama tersebut adalah : sharing narasumber, joint research dan publikasi ilmiah, fasilitasi penelitian/magang mahasiswa, sharing data dan informasi, dan beberapa bentuk sinergi lainnya.

Pokok bahasan meteri yang dibawakan pada matakuliah manajemen kesehatan ikan adalah “Penyakit Lintas Batas Organisme Akuatik dan Karantina Ikan”, materi ini baru pertama kali dimasukkan dalam kurikulum perkuliahan, alasannya sangat jelas, bahwa pemahaman terhadap penyakit ikan dan sistem perkarantinaan merupakan merupakan kunci sukses keberhasilan produksi budidaya. Mahasiswa yang menjadi peserta matakuliah sebanyak + 80 orang, mereka nampak sangat aktif dan antusias untuk memahami sistem perkarantinaan dan penyakit pada ikan.

Kontributor :Irmawan syafitrianto (Ka.subsi Wasdalin SKIPM Palu)

 

Komentar


Search