Minggu, 22 Oktober 2017
   EN   

I Info BKIPM

Brainstorming Peningkatan Kualitas Pelayanan publik KKP

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan menyelenggarakan kegiatan Brainstorming Peningkatan kualitas pelayanan publik KKP. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman petugas yang bertanggung jawab dalam penyelengaraan pelayanan publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diikuti oleh penanggung jawab unit layanan publik di seluruh unit Eselon I KKP.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan Bpk Ir. Teguh Samudro, MP. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari PT Garuda Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Vice Presiden Ground Service, Senior Manager Cargo Operation, Senior Manager Cargo Marketing,  Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN & RB dan konsultan pelayanan publik dari Universitas Indonesia.

Hasil kegiatan ini memberikan pelajaran yang berharga bagi peserta dalam meningkatkan kualitas pelayanan di KKP. PT Garuda Indonesia sebagai role model dalam pelayanan publik di dunia penerbangan banyak memberikan masukan dan contoh-contoh dalam peningkatan pelayanan publik. Sebagai petugas pelayanan harus membangun persepsi (brand image) positif dimata pelanggan antara lain dengan menunjukan sikap warm (kehangatan), bright , positive, real dan dynamic. Pembangunan persepsi dimata pelanggan itu sangat penting untuk mengangkat image positif pelayanan publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan.  Untuk membangun citra tersebut “petugas pelayanan publik di  KKP perlu belajar tersenyum satu bulan dulu untuk menerapkan hal ini begitu candanya”.

Sementara itu masukan nara sumber dari Kemenpan RB, pelayanan publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat memenuhi semua atribut-atribut  peningkatan kualitas layanan publik antara lain standar pelayanan dan maklumat pelayanan, SDM profesional, pengelolaan pengaduan, survey kepuasan masyarakat, sistem informasi pelayanan publik, Inovasi pelayanan publik, sarana dan prasarana pelayanan dan forum konsultasi pelayanan publik sehingga hasil penilaian kualitas pelayanan publik KKP oleh lembaga ombusdman diharapkan pada tahun ini sudah berada di zona hijau dan tidak berada pada zona kuning, serta diharapkan juga menjadi motor penggerak untuk menjadi standar pelayanan publik yang setara dengan pelayanan publik internasional pada tahun 2025. Saat ini posisi pelayanan publik di Indonesia masih berada pada posisi 91 dari 183 negara yang disurvei dan sudah ketinggalan dari negara Malaysia maupun Vietnam. Disamping itu beberapa   point penting lagi yang didapat dalam kegiatan tersebut antara lain sebagai petugas pelayanan kita harus memahami apa yang menjadi harapan dari masyarakat terhadap layanan kita, baik di instansi pemerintah maupun swasta memiliki hal yang serupa yaitu pelayanan yang cepat, mudah, realistis, dan tidak mahal. 

Komentar


Search