Kamis, 24 Agustus 2017
   EN   

I Info BKIPM

Pelepasliaran coral di Kolaka

                Penahanan dilakukan terhadap 197 pcs coral yang akan dilalulintaskan dari Kolaka Sulawesi Tenggara menuju Makassar Sulawesi Selatan pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2017 pukul 20.30 Wita menggunakan bus antar propinsi Bintang Selamat. Petugas BKIPM atas nama Herianto yang melakukan pemeriksaan terhadap 4 boks steroform berisi coral dari jenis Cynarina lacrymalis, Caulastraea dan Australomussa rowyelensis langsung melakukan penahanan dengan Surat Penahanan Sementara nomor : P5/KI-D10/14.2/VI/2017/00002 karena tidak memiliki surat ijin angkut satwa dalam negeri (SAT-DN) dari KSDA serta tidak dilaporkan kepada petugas Karantina Ikan di tempat pengeluaran (UU No.16/1992 pasal 6 huruf (a) dan (c) .  Setelah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Pelabuhan Kolaka terhadap barang yang ditahan dan pemilik barang diamankan dikantor SKIPM Kendari Wilayah Kerja Kolaka Jln. Merpati KM.2 Lorong 1 Kabupaten Kolaka untuk tindakan selanjutnya.

               Pengumpulan Bahan dan Keterangan dilaksanakan di Kantor SKIPM Kendari Wilayah Kerja Kolaka Jln. Merpati KM.2 Lorong 1 Kolaka oleh Kasubsi Wasdalin dan PPNS SKIPM Kelas I Kendari.  Setelah dilakukan pemeriksaan untuk pengumpulan bahan dan keterangan ternyata pelaku berasal dari Jeneponto Sulawesi Selatan atas nama Pandi dan Muklis yang melakukan eksploitasi coral di perairan Desa Sani-sani Kec. Samaturu Kabupaten Kolaka dengan melibatkan masyarakat setempat.  Pelaku menyatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dan diatas surat pernyataan bermaterai pelaku berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

              Selanjutnya dilakukan pelepasliaran di perairan Pomala yaitu pulau Pelangi berjarak 13 km dari pantai kolaka sekitar pukul 18.20 Wita. Para pihak yang ikut dalam pelepasliaran adalah Petugas BKIPM, Petugas PSDKP, Dosen Univ. Sembilan Belas Nopember (USN) Kolaka dan juga ketua Pusat Kajian Pengembangan Teluk Bone dan Pelaku (Pandi dan Muklis). Lokasi Pelepasliaran koral adalah wilayah konservasi di Kabupaten Kolaka. (Wasdalin/6/6/17)

 

Komentar




Search