Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

34.896.409
 
 
 
 
Profil
Stasiun KIPM Aceh

STASIUN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU

DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN KELAS I ACEH 

 


 

  Alamat                           :  Jl. Raya Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar

Telepon                           : (0651) 636227

 

Fax                                : (0651) 25899
                                         

      MAKLUMAT PELAYANAN

         STASIUN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU

        DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN ACEH

1.    SKIPM Aceh menjamin ketersediaan sumberdaya dan informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna jasa.

2.    SKIPM Aceh terbuka terhadap kritik, saran dan masukan dari masyarakat pengguna dalam rangka menjamin perbaikan kinerja yang berkelanjutan.

3.    SKIPM Aceh lebih mengutamakan prinsip keadilan dan pertanggungjawaban dalam memberikan pelayanan publik, setiap stakeholder menerima pelayanan yang sama dan tidak diskriminatif.

4.    SKIPM Aceh menjamin kepastian hukum terhadap data dan informasi yang diterima atau dikomunikasikan kepada publik. Untuk itu, mekanisme pelayanan publik dilakukan dengan pendekatan satu pintu, bukan melalui perorangan atau harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pimpinan.

5.    Dalam mewujudkan kecepatan dan ketetapan layanan, SKIPM Aceh menggunakan pendekatan pelayanan sertifikasi karantina ikan dan mutu keamanan hasil perikanan secara elektronik melalui Sistem Informasi Terpadu Karantina Ikan On Line (SISTERKAROLINE), sedangkan akses informasi bagi kepentingan publik disampaikan melalui website: skipm.aceh@gmail.com.

                                                             

 

Alamat Laboratorium   : Jl. Raya Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar  

 

  Email                             : ski.aceh@yahoo.co.id


Call Center                    : 0852 0000 8987

 


  

 

  Wilayah Kerja

 

Wilayah Kerja Sabang

Alamat   :  Jl. Cot Bak U, Sabang

 

Nama  : Joni Arfian
Jabatan  : 
Penaggung Jawab Wilayah Kerja Sabang
Hp
 :  085277749373

 

Wilayah Kerja Simeulue

  

Alamat   :  Jl. Teuku Di Ujung - Sinabang No. 91, Simeulue 23891 

 

Call Center +6285217302800

 

Nama  : Muslim
Jabatan  : 
Penaggung Jawab Wilayah Kerja Simeulu
email 
 :  

 

 

Sumber Daya Manusia (SDM)

* Teknis             : 24 orang

* Non Teknis     :     5 orang

 


   Laboratorium

Level laboratorium
: Level 2
Metode Pemeriksaan : Parasit, Mikrobiologi dan Biologi Molukuler
Akreditasi :  
Uji coba :  Pengaruh Salinitas Terhadap Perkembangan Patogen Pada Lobster (Panulirus sp) yang Dilalulintaskan Selama Penanganan di Dalam Instalasi Karantina Ikan

   

l


 

           Lobster Air Laut (Panulirus sp.) merupakan satu jenis Crustacea dengan bentuk  tubuhnya besar, padat, tegap dan kuat dengan panjang tubuh mencapai 60 cm, berat bisa mencapai 1,5 kg dapat  dijumpai hampir semua pulau karang di Indonesia dan  banyak dilalulintaskan keluar daerah Aceh baik ke Medan, Jakarta dan juga diekspor. Lobster air laut ini ditangkap oleh petani dari alam dan biasanya dijual kepada pengumpul yang kemudian dijual ke konsumen baik di dalam maupun luar negeri. Dengan demikian perlu adanya perlakuan sebelum dikirim atau didistribusikan pada konsumen supaya terhindar dari berbagai penyakit yang dibawa oleh lobster tersebut dan juga penyakit tidak menyebar ke daerah tujuan lobster dipasarkan.Tindakan perlakuan (penanganan) merupakan salah satu unsur pokok dari serangkaian tindakan karantina sesuai UU Nomor 16 Tahun 1992. yang dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan tindakan karantina terhadap komoditas perikanan yang dilalulintaskan, baik ke dan wilayah negara Republik Indonesia, maupun yang dikeluarkan dari wilayah negara Republik Indonesia.

Uji coba bertujuan untuk mengetahui pengaruh salinitas terhadap perkembangan patogen pada Lobster Laut (Panulirus sp.) yang dilalulintaskan selama penanganan (Handling) di dalam Instalasi Karantina Ikan. Manfaat uji coba adalah sebagai tambahan informasi tetang  pengaruh salinitas terhadap perkembangan patogen pada Lobster Laut (Panulirus sp.) dan sebagai referensi untuk penelitian berikutnya.

Uji Coba dilaksanakan di Stasiun Karantina Ikan Kelas II Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, selama  15 (lima belas)  hari pada  tanggal 20 Mei-04 Juni 2008. Lobster (Panulirus sp.) berat rata-rata 100 gram dan panjang rata-rata 15 cm. Penempatan setiap perlakuan dilakukan secara acak, kepadatan 10 ekor per aquarium. Aquarium sebanyak 20  buah dengan ukuran  60 x 50 x 30  cm dengan ketinggian air ± 15 cm. Untuk mengetahui pengaruh data tingkat salinitas terhadap perkembangan patogen menggunakan uji F dengan membandingkan F Hitung dengan F tabel. Data yang dianalisis adalah rata-rata jumlah parasit per ekor dimasing-masing perlakuan. Analisa data yang digunakan adalah Anova dengan sistem SPSS 16.0.

Parasit yang ditemukan adalah Epistylis sp. Apiosoma sp. parasit 3, Paramecium sp. Cryptocaryon sp., parasit 6. Vorticella sp., Proleptus sp., Parasit 9, parasit 10, Argulus sp. Balantedium sp.,  Lernea sp., Octolasmys sp. Jenis parasit yang ditemukan tidak ada yang termasuk  Hama Penyakit Ikan Karantina, sehingga tidak perlu adanya pemusnahan. Tingkat salinitas 36 ppt dengan rentang waktu 15 hari ditemukan parasit dengan jumlah yang kecil dan beberapa parasit tidak dapat bertahan pada salinitas 36 ppt dengan waktu 15 hari. 

 Lobster (Panulirus sp.), Tingkat Salinitas, Perkembangan, Patogen.

 

 


Infografis SKIPM Kls I Aceh

  

 

 

 
Share | |
U P T
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...