Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

26.338.978
 
 
 
 
Profil
Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar

BALAI BESAR KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN MAKASSAR

 

SEKILAS SEJARAH :

Balai Karantina Ikan Hasanuddin : Drs. M. Siri Syamsuddin (1986 - 2004)
Balai Besar Karantina Ikan Hasanuddin : Ir. Agus Priyono, M.Si (2005 - 2007)
Balai Besar Karantina Ikan Hasanuddin : Drs. Widodo, M.Si (2007 - 2016)
Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar : Ir. Tegus Samudro, MP (2016 - 2017)
Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar : Ir. Sitti Chadidjah, M.Si (2016 - 2017)

 

LOKASI UPT :

Kantor Administrasi  & Pelayanan SKI : Jl. Dakota No. 24 Makassar
Latitude Location : -5.065393, 119.527500
Laboratorium Penguji : Jl. Landak Baru No. 7 Makassar
Latitude Location : -5.1550859, 119.4224603
No. Telephone : +62 411 555120 - +62 411 874793
No. Fax : +62 411 555159
Surel : makassar@bkipm.kkp.go.id - bbki.hasanuddin@gmail.com
Twitter : @bkipmmakassar

 

STRUKTUR ORGANISASI

Kepala Balai : Ir. Sitti Chadidjah, M.Si
Kepala Bagian Umum : Kamdani, S.Pi, MM
Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Informasi : Dr. Ir. Siti Narwiyani, MP
Kepala Bidang Tata Pelayanan : Saifullah, S.Pi.MP

 

Kepala Sub Bagian Kepegawaian : Ir. Sunarti Ahmad, MM
Kepala Sub Bagian RT dan Perlengkapan : Junaedi, SE
Kepala Sub Bagian Keuangan : Karwit, S.Pi

 

Kepala Seksi Data dan Informasi : Muhammad Irfan Rais, S.Pi
Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian : Mohammad Zamrud, S.Pi, MP
Kepala Seksi Pelayanan Laboratorium dan Instalasi : Suriati, S.Pi, MM
Kepala Seksi Pelayanan Teknis : Sitti Suleha Yasin, S.Pi, MM

 

Koordinator Fungsional : M. Masagena, S.St.Pi

 

  

WILAYAH KERJA :

Wilker Pelabuhan Laut Soekarno Hatta : 
Penanggung Jawab : Sukardin, S.Pi
Alamat Kantor : Jl. Tarakan No. 15 B Makassar
Latitude Location : -5.1193546, 119.411106

 

Wilker Pelabuhan Laut Pare pare : 
Penanggung jawab : Rita Apriani, S.Pi
Alamat Kantor : Jl. Jend. Sudirman No. 184 Pare Pare
Latitude Location : -4.018953, 119.6321547

 

Wilker Pelabuhan Laut Bajoe : 
Penanggung Jawab : Mariati, S.Pi
Alamat Kantor : Jl. Veteran No. 20 Bajoe - Kab. Watampone
Latitude Location : -4.550417, 120.382917

 

Wilker Pelabuhan Laut Siwa : 
Penanggung Jawab : Mutmainnah Muchtar, S.Pi
Alamat Kantor : Jl. Poros Makassar - Palopo - Siwa
Latitude Location : -3.702706, 120.415156

 

SUMBER DAYA MANUSIA 

Jumlah Pegawai Balai Besar KIPM Makassar : 117 Org (90 Org PNS, 27 Org Tenaga Kontrak)
Pejabat Struktural : 11 Peg
Fungsional Tertentu : 61 Peg (PHPI : 60 Peg, Pranata Komputer : 1 Peg, Arsiparis : 3 Peg, Fung. Umum : 18 Peg)

 

 

LABORATORIUM

  1. Level Laboratorium Balai Besar KIPM Makassar tergolong Level III 
  2. Metode Pemeriksaan yang dapat dilakukan : Standar Diagnosa Hama dan Penyakit ikan, mengacu pada standar internasional seperti OIE dan Standar Nasional (SNI)Teknik dan Metoda Diagnosa menggunakan pendekatan : Konvensional : Makroskopis, Mikroskopis, dan uji biokimia - Modern : Biologi Molekuler (PCR, dot blood hydridization), Serologi/Imunologi (Elisa)
  3. Akreditasi Pada Tahun 2012 Laboratorium Penguji Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar telah melakukan kegiatan Surveilan dalam rangka untuk mempertahankan status akreditasi yang telah diperoleh pada tahun 2007 dengan menerapkan Sistim Manajemen Mutu sesuai ISO/IEC 17025:2005.

 

HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2016

Balai Besar KIPM Makassar merupakan UPT pusat dengan tugas pokok dan fungsi yang bersifat pelayanan masyarakat atau publik. Dalam rangka memperoleh umpan balik dari masyarakat pengguna, maka balai melaksanakan Survey Kepuasan Pelanggan atau pengguna jasa 2 (dua) kali setiap tahunnya dengan output berupa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Nilai IKM tersebut menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan yang telah dilakukan oleh balai. nilai IKM Tahun 2016 adalah 75.68. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kategori mutu pelayanan BAlai Besar KIPM Makassar adalah B atau BAIK. 

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Balai Besar KIPM Makassar melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Terus meningkatkan kemampuan petugas pelayanan dalam hal penguasaan materi yang berhubungan dengan pelayanan, seperti juknis dan peraturan-peraturan terkait dengan cara melakukan pertemuan/pengarahan rutin.
  2. Terus meningkatkan kemampuan petugas pelayanan dalam hal etika, kesopanan dan keramahan petugas pelayanan.
  3. Peningkatan fasilitas IT berupa perubahan provider internet dari Telkom ke Iconplus, upgrading server dan database sehingga proses penerbitan sertifikat menjadi lebih lancar. 
  4. Peningkatan kualitas pelayanan dengan memperluas ruang pelayanan, penambahan fasilitas seperti kursi, air minum, ruang laktasi dll yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna jasa.
  5. Peningkatan kualitas pelayanan dengan menerapkan ePayment, yaitu pembayaran PNBP dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) dari bank BRI dan BNI yang langsung disetorkan ke kas negara. Diharapkan dengan adanya ePayment tersebut, pelayanan BKIPM Makassar dapat lebih transparan dalam hal pungutan jasa sehingga kepuasan masyarakat dapat lebih meningkat.  

 

Peningkatan pelayanan ini akan dilakukan secara berkelanjutan sehingga Indeks Kepuasan Masyarakat dapat terus meningkat.

 

HASIL SURVEY DAN TINDAK LANJUT KEPUASAN MASYARAKAT PERIODE I TAHUN 2017

 

Kegiatan survey kepuasan masyarakat untuk periode I Tahun 2017 yang dilakukan Balai Besar KIPM Makassar, dalam rangka memperoleh umpan balik dari masyarakat pengguna, menunjukkan adanya peningkatan dibanding tahun sebelumnya (2016). Output berupa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) meningkat dari 75.68 (B) di Tahun 2016 menjadi 79.44 (B). Hal ini menunjukkan bahwa komitmen perbaikan pelayanan berkelanjutan yang dilakukan sejak awal tahun 2017 telah memperlihatkan progres yang baik.  

Akan tetapi upaya peningkatan pelayanan akan terus ditingkatkan dengan parameter pelayanan yang strategis, yaitu : 

  1. Kemampuan petugas pelayanan dalam hal etika, kesopanan dan keramahan petugas pelayanan terus ditingkatkan. 
  2. Kemampuan petugas pelayanan dalam hal penguasaan materi yang berhubungan dengan pelayanan, seperti juknis dan peraturan-peraturan terkait dengan cara melakukan pertemuan/pengarahan rutin terus ditingkatkan.
  3. Peningkatan fasilitas IT berupa perubahan provider internet dari Telkom ke Iconplus, upgrading server dan database sehingga proses penerbitan sertifikat menjadi lebih lancar. 
  4. Peningkatan kualitas pelayanan dengan memperluas ruang pelayanan, penambahan fasilitas seperti kursi, air minum, ruang laktasi dll yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna jasa.
  5. Peningkatan kualitas pelayanan dengan menerapkan ePayment, yaitu pembayaran PNBP dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC) dari bank BRI dan BNI yang langsung disetorkan ke kas negara. Diharapkan dengan adanya ePayment tersebut, pelayanan BKIPM Makassar dapat lebih transparan dalam hal pungutan jasa sehingga kepuasan masyarakat dapat lebih meningkat.  

Upaya peningkatan pelayanan yang berkelanjutan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada akhir Tahun 2017. 

  

PELAYANAN BBKIPM MAKASSAR

 

KOMITMEN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

 

 

PROGRAM PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

 

 

INFOGRAFIS PENGUJIAN PENYAKIT IKAN KARANTINA DAN MUTU SEMESTER I TH. 2017

 

 

PEMANTAUAN

Kegiatan ini dilakukan dalam 2 (dua) periode yaitu Periode I pada bulan Pebruari – Juni dan Periode II pada bulan Juni - Oktober di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Wajo, Kabupaten Luwu Tmur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Barru, Kota Pare-pare, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Bulukumba,  Kabupaten Selayar, Kabupaten Sidrap, Kota Maros. Kabupaten Sinjai, Kabupaten Soppeng dan Kota Makassar. 

Jenis media pembawa yang diambil adalah media pembawa yang sangat potensial dan memiliki nilai ekonomis penting di daerah pemantauan, media pembawa yang berpotensi sebagai media pembawa HPIK, media pembawa yang memiliki tingkat lalulintas yang tinggi dan media pembawa yang merupakan target inang (devinitif) berdasarkan komoditi yang ada di 23 Kabupaten / Kota dan media pembawa diupayakan terhadap sampel yang merupakan inang dari HPIK dan menunjukkan gejala terserang penyakit.

Pelaksanaan kegiatan pemantauan ini terbagi atas 2 (dua) yaitu pengambilan sampel di lapangan dan pemeriksaan di laboratorium berupa pengujian parasit, bakteri, jamur dan virus serta histologi.  Metode yang digunakan dalam pemeriksaan adalah pemeriksaan dengan metode konvensional dan biologi molekuler.

Jenis-jenis sampel yang diambil pada lokasi pemantauan adalah benih/induk ikan Udang Windu (Penaeus monodon), Udang annamei (Litopenaeus vannamei), Udang Putih Ikan Mas dan Ikan Mas Koi (Cyprinus carpio), Ikan Kerapu lumpur (Ephinephelus sp.),  Ikan Nila (Oreochromis niloticus), Ikan Lele (Clarias batrachus), Benih Ikan Bandeng (Chanos chanos)

Setelah dilakukan beberapa pemeriksaan di laboratorium penguji maka ditemukan Hama Penyakit Ikan Karantina golongan I yaitu White Spot Syndrome Virus (WSSV) dan Myxobolus koi

 

SEBARAN UPI DI PROVISI SULAWESI SELATAN

 

KOMODITI DOMINAN YANG DI LALULINTASKAN MELALUI BBKIPM MAKASSAR

5 Komoditi Dominan Triwulan II Th. 2017 dalam satuan Kg
Ekspor : Udang Vannamei, Kerapu, Tenggiri, Gurita dan Rumput Laut
Impor : -
Domestik Keluar : Tuna, Rajungan, Kerapu, Udang Windu dan Tenggiri
Domestik Masuk : Tuna, Tenggiri, Kerapu, Tuna Loin dan Teripang

 

INFOGRAFIS LALULINTAS EKSPOR TRIWULAN II TAHUN 2017

 

 

KONTRIBUSI CARGO PERIKANAN MELALUI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR TAHUN 2016

 

 

 

 

 

 

 
Share | |
U P T
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...