Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.704.024
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN KAKAP


Nama / SpeciesIkan Kakap
Nama LatinSparus aurata
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilySparidae
GenusSparus
DescriptionMerupakan ikan mediterania dan Samudera Atlantik yang mencapai panjang maksimal 70 cm dan berat 6 kg. Memiliki 11 duri punggung, 13 - 14 duri halus punggung, 3 duri anal. Tubuh berbentuk lonjong dengan moncong berukuran lebih besar dua kali dari diameter mata. Rahang atas memiliki enam gigi taring dan rahang bawah memiliki empat gigi taring.
Patogenpatogen kakap
DampakGilthead bream adalah preadator rakus dan dapat menyebabkan penurunan spesies salmon atlantik, lele, dan ikan mas hitam. Pada budidaya komersial ke daerah-daerah pesisir dan teluk dapat menyebabkan masalah ekologis seperti eutrofikasi yang dapat mengganggu ekosistem lokal. Selain itu, ikan jenis ini juga menimbulkan kekhawatiran di Mediterania apabila lolos ke habitat alami karena dapat mempengaruhi keragaman genetik populasi ikan endemik yang ada di habitat tersebut
Nama Umumgilthead, gilthead bream, gilthead, silver seabream, snapper, gilthead bream, gilt-head seabream.
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAlbania, Algeria, Samudera Atlantik, Laut Baltic, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Croasia, Denmark, Eropa, Perancis, Gibratar, Inggris. Irlandia, Israel, Italia, Libanon, Libya, Malta, Mauritania, Mediterania, Monaco, Maroko, Amerika Utara, Portugal, Rumania, Russia, Senegal, Serbia, Slovenia, Spanyol, Tunisia, Turki.
Penyebaran Daerah AsingIsrael, Bahrain, Samudera India, Kuwait, New Zealand, Oman, Samudera Pasifik, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab.
Karakteristik KhususMerupakan ikan mediterania dan Samudera Atlantik yang mencapai panjang maksimal 70 cm dan berat 6 kg. Spesies laut yang banyak ditemukan di padang lamun dan dasar yang berpasir serta di zona surfing
  
 Back