Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.703.672
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN MINNOW


Nama / SpeciesIkan Minnow
Nama LatinPhoxinus phoxinus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusPhoxinus
DescriptionPhoxinus phoxinus adalah ikan yang memiliki warna yang sangat bervariasi sesuai dengan kondisi lingkungan, umur ikan dan juga musim. Biasanya sisi dorsal berwarna hijau kecoklatan dan pada bagian ventral berwarna abu-abu keputihan. Ikan jantan berwarna lebih cerah selama musim pemijahan dengan bintik-bintik putih pada bagian sirip. Sirip dada dan panggul berwarna kemerahan, perut berwarna merah dan semburat kehijauan di sepanjang sisi.
Patogenpatogen minnow
DampakDampak yang dapat ditimbulkan oleh ikan Phoxinus phoxinus ini diantaranya adalah menyebabkan infeksi parasit pada berbagai jenis mollusca dan ikan lain karena parasit yang dibawa oleh ikan Phoxinus phoxinus ini. Ikan jenis ini juga menyebabkan penurunan keanekaragaman komunitas bentos seperti Gammarus lacustris.
Nama Umumeurasian minnow, minnow, common minnow
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAlbania, Andorra, Armenia, Austria, Azerbaijan, Belarus, Belgia, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Cina, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Hungaria, Italia, Kazakhstan, Korea Utara, Korea Selatan, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Moldova, Mongolia, Montenegro, Belanda, Norwegia, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Ukraina, Inggris Raya.
Penyebaran Daerah AsingNorwegia
Karakteristik KhususIkan ini biasanya sisi dorsal berwarna hijau kecoklatan dan pada bagian ventral berwarna abu-abu keputihan. Ikan jenis ini bisa ditemukan di sungai, kolam, danau dan perairan lain yang terletak di daerah pesisir maupun daerah dataran tinggi
  
 Back