Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.369
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - BELUT


Nama / SpeciesBelut
Nama LatinMonopterus albus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilySynbranchidae
GenusMonopterus
DescriptionMonopterus albus atau dikenal dengan sebutan belut memiliki bentuk tubuh silindir, ekor dekompresi dan meruncing ke bagian ujungnya, tidak memiliki sisik, moncong yang bulat, memiliki rahang dan langit-langit dengan deretan gigi viliform. Bibir bagian atas yang tebal daripada bibir bagian bawah dengan mata yang berukuran kecil. Seluruh permukaan tubuh ditutupi oleh lendir. Warna tubuh coklat pada bagian punggung dan memudar di bagian bawah perut. Monopterus albus dapat tumbuh hingga mencapai panjang 40 cm.
Patogenpatogen belut
DampakMonopterus albus berpengaruh terhadap ketersediaan sumber makanan bagi ikan yang lebih besar, berbagai jenis amphibi dan lain-lain. Monopterus albus juga memakan udang-udang kecil, kecebong, ikan kecil dan cacing. Selain itu, mereka juga bisa memangsa ikan dan organisme lain yang ukurannya lebih besar daripada tubuhnya.
Nama Umumrice eel, swamp eel, white ricefield eel
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAfrika, Australia, Brunei Darussalam, Kamboja, Amerika Tengah, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapore, Amerika Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam.
Penyebaran Daerah AsingAmerika Serikat
Karakteristik Khususmemiliki bentuk tubuh silindir, ekor dekompresi dan meruncing ke bagian ujungnya, tidak memiliki sisik, moncong yang bulat, memiliki rahang dan langit-langit dengan deretan gigi viliform. Hidup di kolam berlumpur, rawa, kanal dan sawah dengan membenamkan diri dalam lubang lumpur dan mampu bertahan dalam waktu yang lama tanpa air.
  
 Back