Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.145
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN BOTIA


Nama / SpeciesIkan Botia
Nama LatinMisgurnus anguillicaudatus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCobitidae
GenusMisgurnus
DescriptionIkan ini berwarna coklat kehijauan, abu-abu coklat dengan corak hitam, dengan warna perut yang pucat. Bentuk tubuhnya memanjang seperti belut (lateral dikompresi). Umumnya berukuran sekitar 15 cm tetapi bisa mencapai ukuran maksimum hingga mencapai 30 cm. Ikan ini memiliki mulut yang kecil dan sempit dengan bibirnya yang tebal dan berdaging. Ikan jantan umumnya memiliki sirip dada yang besar.
Patogenpatogen botia
DampakIkan ini menyebabkan berkurangnya populasi makroinvertebrata dan menurunkan kualitas air
Nama Umumweather loach
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliCina (Anhui, Beijing, Fujian, Guangdong, Guangxi,Heilongjiang, Henan, Hunan, Jiangxi, Jilin, Liaoning, Shandong, Shanxi, Tianjin, Zhejiang), Hong Kong, Jepang, Republik Korea; Federasi Rusia (Amur, Sakhalin), Spanyol, Taiwan, dan Viet Nam.
Penyebaran Daerah AsingAmerika Serikat, Australia, Kamboja, Kanada, Itali,Jerman, Kazakhstan, Filipina, Thailand, Turkmenistan, Amerika Serikat, Uzbekistan.
Karakteristik KhususIkan ini berwarna coklat kehijauan, abu-abu coklat dengan corak hitam, dengan warna perut yang pucat. Bentuk tubuhnya memanjang seperti belut (lateral dikompresi). Merupakan ikan air tawar demersal yang mendiami sungai, danau, rawa kolam dan sawah dengan substrat berlumpur
  
 Back