Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.173.980
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN KAKAP PUTIH


Nama / SpeciesIkan Kakap Putih
Nama LatinLates niloticus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyLatidae
GenusLates
DescriptionNile perch atau ikan dengan nama latin Lates niloticus merupakan spesies ikan yang berwarna perak dengan semburat biru. Mereka memiliki mata hitam gelap yang khas dengan cincin luar berwarna kuning cerah. Lates niloticus biasanya berukuran sekitar 2 - 4 kg, namun telah tertangkap dengan ukuran mencapai 200 kg dan yang terbesar sampai 232 kg. Ikan ini memiliki panjang tubuh rata-rata sekitar 85-100 cm tetapi dapat tumbuh hingga mencapai 193 cm. Ikan betina berukuran lebih besar daripada ikan jantan.
Patogenpatogen kakap
DampakIntroduksi dari Lates niloticus ke Danau Victoria telah menyebabkan masalah ekologi yang serius. Kelimpahan dan keanekaragaman spesies cichlid endemik dengan cepat menurun. Lebih dari 300 spesies asli telah punah akibat predasi dari spesies ikan ini.
Nama Umumnile perch, victoria perch.
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAfrika, Kuba, Amerika Serikat (AS)
Penyebaran Daerah AsingBenin, Burkina Faso, Kamerun, Afrika Tengah, Chad, Republik Kongo, Pantai Gading, Mesir, Etiopia, Ghana, Guinea, Kenya, Liberia, Mali, Mauritania, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, Sudan, Togo, Uganda.
Karakteristik Khususmerupakan spesies ikan yang berwarna perak dengan semburat biru. Mereka memiliki mata hitam gelap yang khas dengan cincin luar berwarna kuning cerah. Ikan ini lebih suka hidup di perairan yang hangat yaitu perairan beriklim tropis
  
 Back