Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.315
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN KAP


Nama / SpeciesIkan Kap
Nama LatinHypophthalmichthys nobilis
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusHypophthalmichthys
DescriptionHypophthalmichthys nobilis pada umumnya dikenal dengan sebutan bighead carp, merupakan ikan asli Asia dan telah diperkenalkan ke seluruh dunia untuk keperluan budidaya. Ikan ini memiliki bentuk tubuh lateral dikompresi dengan ukuran kepala yang besar. Memiliki sisik dengan ukuran yang sangat kecil dengan jumlah 85 - 100 sisik yang terdapat di sekitar garis lateral dan 26 - 28 sisik di atas garis lateral.
Patogenpatogen ikap kap
DampakBighead carp ini merupakan ikan pemakan zooplankton dalam jumlah yang banyak. Ikan ini bersaing dengan berbagai jenis ikan asli dalam hal makanan sehingga dapat mengganggu rantai makanan dan mengakibatkan berkurangnya populasi ikan yang mengandalkan zooplankton sebagai sumber makanannya.
Nama Umumbighead carp
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliCina, Federasi Rusia
Penyebaran Daerah AsingAlbania, Aljazair, Armenia, Asia, Belarus, Bhutan,Brazil, Brunei Darussalam, Bulgaria, Kamboja, Kosta Rika, Kroasia, Kuba, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, Mesir, Estonia, Eropa, Fiji, Perancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hongaria, India, Indonesia, Iran, Irak, Israel, Italia, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Meksiko, Maroko, Myanmar, Nepal, Belanda, Amerika Utara, Pakistan, Panama, Peru, Pilipina, Polandia, Rumania, Singapore, Slovakia, Slovenia, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Turkmenistan, Ukraine, Amerika Serikat, Uzbekistan, Vietnam.
Karakteristik KhususIkan ini memiliki bentuk tubuh lateral dikompresi dengan ukuran kepala yang besar. Ikan ini dapat ditemukan di danau, sungai dan waduk. Ikan ini sering ditemukan berada di permukaan air dengan tingkat kesuburan perairan yang tinggi dan makanan yang melimpah
  
 Back