Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.173.816
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN MAS PERAK


Nama / SpeciesIkan Mas Perak
Nama LatinHypophthalmichthys molitrix
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusHypophthalmichthys
DescriptionIkan mas perak adalah spesies air tawar yang hidup di wilayah Asia. Ikan ini bersifat potamodromous, yaitu migrasi ke hulu untuk berkembang biak yang kemudian telur dan larva mengambang sampai ke hilir ke zona dataran banjir. Ikan ini mengkonsumsi diatom, dinoflagellata, chrysophytes, xanthophytes, beberapa ganggang hijau dan cyanobacteria. Selain itu, detritus, rotifera dan krustasea kecil merupakan komponen utama lainnya dari makanan alami mereka. Ikan mas perak ini bertelur di akhir musim semi dan musim panas, ketika suhu air relatif tinggi.
Patogenpatogen ikan mas perak
DampakIkan jenis ini merupakan ikan pemakan berbagai jenis plankton dalam jumlah yang banyak. Ikan ini bersaing dengan berbagai jenis ikan asli dalam hal makanan sehingga bisa mengganggu rantai makanan dan mengakibatkan berkurangnya populasi ikan yang mengandalkan zooplankton sebagai sumber makanannya.
Nama Umumsilver carp
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliCina, Mongolia, Federasi Rusia
Penyebaran Daerah AsingCina, Federasi Rusia, Afganistan, Aljazair, Austria, Armenia, Bangladesh, Belarus, Bhutan, Brazil, Kosta Rika, Kuba, Siprus, Denmark, Republik Dominika, Mesir, Etiopia, Eropa, Fiji, Perancis, Jerman, Yunani, Honduras, Hong Kong, Hongaria, India, Indonesia, Iran, Irak, Italia, Jamaica, Jepang, Kazakhstan, Republik Korea, Laos, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Meksiko, Republik Moldova, Maroko, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Amerika Utara, Pakistan, Panama, Pilipina, Polandia, Puerto Rico, Rumania, Singapore, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Turkmenistan, Ukraine, Inggris, Amerika Serikat, Uzbekistan, Vietnam.
Karakteristik KhususJenis ikan ini biasanya ditemukan pada sungai besar yang airnya mengalir lambat atau danau besar. Ikan mas perak hidup di air tawar dengan suhu 6o - 28 oC pada iklim subtropis
  
 Back