Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.077
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN TAWES


Nama / SpeciesIkan Tawes
Nama LatinCyprinella lutrensis
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusCyprinella
DescriptionCyprinella lutrensis yang umumnya dikenal dengan nama red shiner merupakan ikan endemik di sungai Amerika Serikat. Warna ikan jenis ini adalah campuran warna hijau dan perak dengan warna sirip merah keemasan. Ikan ini makan berbagai jenis invertebrata kecil dan bertelur di pertengahan musim panas. Red shiner dapat tumbuh hingga mencapai ukuran maksimal panjang total 9 cm.
Patogenpatogen tawes
DampakDampak yang dapat ditimbulkan dari ikan jenis ini adalah menurunnya populasi ikan endemik yang terancam punah seperti Plagopterus argentissimus. Penurunan populasi ikan tersebut diakibatkan karena persaingan makanan dan sumberdaya penting di lingkungan. Selain itu, red shiner juga diketahui memangsa telur dan juvenil ikan-ikan endemik.
Nama Umumred shiner
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAmerika Serikat
Penyebaran Daerah AsingTersebar sampai ke Amerika Utara seperti lembah sungai Mississipi, Meksiko dan Colorado, dan diitroduksikan juga di Meksiko Serikat dan Meksiko Utara.
Karakteristik KhususWarna ikan jenis ini adalah campuran warna hijau dan perak dengan warna sirip merah keemasan. Hidup di perairan tawar tropis dengan temperatur 15 °C - 25 °C seperti danau dan sungai
  
 Back