Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.221
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN KOAN


Nama / SpeciesIkan Koan
Nama LatinCtenopharyngodon idella
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusCtenopharyngodon
DescriptionCtenopharyngodon idella atau grass carp adalah ikan golongan cyprinid besar yang memiliki tubuh lonjong, kepala yang lebar dan moncong yang pendek. Warna dari ikan jenis ikan ini adalah abu-abu gelap atau silver dengan sirip berwarna abu-abu kecoklatan. Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai bobot 30 - 50 kg dengan panjang tubuh bisa lebih dari satu meter.
Patogenpatogen Koan
DampakGrass carp merupakan ikan rakus yang memakan berbagai jenis vegetasi/tanaman air sehingga bisa mengurangi kualitas perairan, menigkatkan kekeruhan, mempercepat eutrofikasi, menurunkan kadar oksigen. Mereka membawa penyakit dan parasit yang bisa menular pada jenis ikan lain dan diyakini sebagai vektor utama untuk cacing pita Asia (Bothriocephalus opsarichthydis) yang menginfeksi berbagai jenis ikan di Kanada.
Nama Umumgrass carp, chinese carp, gardd carp, silver orfe, white amur
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliChina, Federasi Rusia.
Penyebaran Daerah AsingAfghanistan, Argentina, Albania, Aljazair, Bangladesh, Belarus, Belgia, Bhutan, Bolivia, Brazil, Kamboja, Kanada, Kolombia, Kroasia, Kuba, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Mesir, Ethiopia, Fiji, Finlandia, Guyana, Hawaii, Honduras, Hong Kong, Hungaria, India, Indonesia, Irak, Israel, Italia, Jamaika, Jepang, Kazakhstan, Kenya, Kyrgyzstan, Laos, Latvia, Malaysia, Mauritius, Meksiko, Mongolia, Maroko, Mozambik, Myanmar, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Pakistan, Panama, Peru, Filipina, Singapura, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Sudan, Swedia, Taiwan, Tanzania, Thailand, Tunisia, Turki, Turkmenistan, Inggris, Ukraina, Uni Emirat Arab, Uruguay, Amerika Serikat, Uzbekitsan, dan Vietnam.
Karakteristik Khususmemiliki tubuh lonjong, kepala yang lebar dan moncong yang pendek. Warna dari ikan jenis ikan ini adalah abu-abu gelap atau silver dengan sirip berwarna abu-abu kecoklatan. ikan inin mendiami daerah beriklim subtropis dan tropis, lebih menyukai tinggal di sungai-sungai besar, danau, dan waduk
  
 Back