Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.356
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN LELE


Nama / SpeciesIkan Lele
Nama LatinClarias batrachus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyClariidae
GenusClarias
DescriptionClarias batrachus memiliki kepala yang datar dan badan memanjang yang mengecil ke arah ekor. Memiliki empat pasang sungut atau kumis yang terletak di sekitar mulut. Gigi villiform yang terletak di patch pada rahang dan langit-langit. Memiliki mata yang kecil, sirip punggung yang panjang dengan luas dua pertiga dari panjang tubuh. Umumnya memiliki warna coklat gelap atau ungu hijau kehitaman pada bagian atas dan putih di bagian bawah tubuh.
Patogenpatogen lele
DampakClarias batrachus merupakan ikan predator rakus, memakan jenis ikan lain dan juga amphibi. Di Filipina, ikan ini mendominasi habitat asli dari ikan lele endemik disana. Di Florida, Clarias batrachus ini menyerang berbagai jenis ikan dan amphibi endemik disana sehingga berdampak pada penurunan populasinya.
Nama Umumwalking catfish
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAsia, Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapore, Thailand, Vietnam.
Penyebaran Daerah AsingCina, Guam, Hong Kong, Indonesia, Jepang, PapuaNugini, Pilipina, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Inggris Raya (UK), Amerika Serikat (AS).
Karakteristik Khususmemiliki kepala yang datar dan badan memanjang yang mengecil ke arah ekor. Memiliki empat pasang sungut atau kumis yang terletak di sekitar mulut. Dapat ditemukan di berbagai habitat seperti sungai, rawa, kolam, selokan, air genagan banjir, dan sawah, tetapi mereka paling sering ditemui di air tergenang, berlumpur atau rawa dengan kekeruhan yang tinggi
  
 Back