Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.173.956
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN CICHLID


Nama / SpeciesIkan Cichlid
Nama LatinCichlasoma urophthalmus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyChannidae
GenusCichlasoma
DescriptionCichlasoma urophthalmusdewasa berukuran panjang standar (SL) 8 cm sampai dengan 22 cm dan berat maksimal 600 g. Terdapat garis berwarna hitam melintang pada tubuh sebanyak 8 baris dan terdapat bintik hitam menco lok pada pangkal ekor di atas dasar sirip ekor yang sering digariskan oleh lingkaran warna bercahaya. Ikan jantan dan betina hampir sama dan sulit dibedakan. Memiliki warna dasar coklat sampai merah yang menjadi lebih intens selama berkembang biak dan jauh lebih berwarna merah cemerlang jika di alam liar.
Patogenpatogen cichlid
DampakMayan cichlids bersaing dengan beberapa spesies asli seperti largemouth bass (Micropterus salmoides), warmouth (Chaenobryttus gulosus) and spotted sunfish (Lepomis punctatus). Cichlasoma urophthalmus adalah vektor potensial penyakit dan parasit. Ikan ini merupakan hospes perantara untuk genus Contracaecum yaitu golongan nematoda anisakid yang diketahui menginfeksi burung dan mamalia termasuk manusia. Selain itu,C. urophthalmus diketahui sebagai inang untuk berbagai macam parasit, termasuk 71 spesies cacing dan larva nematoda Serpinema trispinosum yang mempengaruhi kura-kura.
Nama Umummayan cichlid, mexican mojarra
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliBelize, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua
Penyebaran Daerah AsingSingapura, Thailand, Amerika Serikat
Karakteristik Khususmemiliki panjang standar (SL) 8 cm sampai dengan 22 cm dan berat maksimal 600 g. Terdapat garis berwarna hitam melintang pada tubuh sebanyak 8 baris dan terdapat bintik hitam menco lok pada pangkal ekor di atas dasar sirip ekor yang sering digariskan oleh lingkaran warna bercahaya. Ikan ini diperairan dangkal yang biasanya ditemukan di habitat rawa air tawar dan rawa-rawa bakau
  
 Back