Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.129
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN CICHLID


Nama / SpeciesIkan Cichlid
Nama LatinCichla ocellaris
Kingdom Animalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyChannidae
GenusCichla
DescriptionCichla ocellaris memiliki bentuk tubuh memanjang yang biasanya mencapai 50-60 cm dan telah ditemukan dengan ukuran panjang maksimal 91cm dengan sirip punggung berlekuk dan mulut yang besar. Ukuran ikan jantan lebih besar daripada ikan betina. Mereka memiliki karakteristik bercak hitam besar yang dikelilingi oleh lingkaran berwarna perak pada sirip ekor mereka.
Patogenpatogen cichlid
DampakIntroduksi Cichla ocellaris menimbulkan dampak terhadap perubahan lingkungan dengan menurunkan komunitas ikan asli yang ada. Pemangsa ini sangat cepat meyesuaikan diri dan cepat berkembang biak, yang dapat menyebabkan kerusakan serius dengan cara predasi dan kompetisi terhadap seluruh trophic level. Spesies ini merupakan ikan rakus yang mampu memakan segala jenis ikan asli yang ada.
Nama Umumpeacock bass, peacock cichlid
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliBrazil, Kolumbia, Guyana Perancis, Guyana, Amerika Selatan, Suriname, Venezuela
Penyebaran Daerah AsingBelize, Bolivia, Republik Dominika, Ekuador,Perancis, Guam, Panama, Peru, Puerto Rico, Singapore, Amerika Serikat.
Karakteristik Khususmemiliki bentuk tubuh memanjang yang biasanya mencapai 50-60 cm dan telah ditemukan dengan ukuran panjang maksimal 91cm dengan sirip punggung berlekuk dan mulut yang besar. Hidup pada perairan tawar tetapi dapat juga ditemukan di perairan payau.
  
 Back