Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.267
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN GABUS


Nama / SpeciesIkan Gabus
Nama LatinChanna marulius
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyChannidae
GenusChanna
DescriptionSpesies snakehead ini adalah ikan yang bentuk tubuhnya memanjang yang dilengkapi dengan sirip punggung yang panjang. Spesies ini memiliki mulut yang besar, memiliki rahang bawah yang berisi tujuh hingga 18 taring belakang satu baris gigi villiform yang melebar lima sampai enam baris di rahang simfisis. Memiliki beberapa gigi terbesar dari setiap snakehead. Ukuran terbesar dari keluarga Channidae dilaporkan mencapai ukuran panjang 120-122 cm. Di Maharashtra State, bagian barat India, ikan ini tumbuh hingga 180 cm dan berat 30 kg. Spesies ini merupakan salah satu snakeheads yang paling cepat berkembang biak.
Patogenpatogen gabus
DampakSpesies ikan ini bersifat sangat predator dan beberapa memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan darat untuk masuk ke perairan yang baru. Bullseye snakehead merupakan ikan predator terutama pada jenis ikan lainnya. Dalam satu studi analisis isi perut ditemukan bahwa Bullseye snakehead mengkonsumsi spesiesnya sendiri, bluegill, mosquitofish, warmouth, merak bass, kadal, kodok bufo, kura-kura kecil, tikus dan ular. Ikan ini akan menggigit ketika mereka tertangkap.
Nama Umumbullseye snakehead, giant snakehead, great snakehead, indian snakehead.
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliBangladesh, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Vietnam.
Penyebaran Daerah AsingAmerika Serikat
Karakteristik Khususikan yang bentuk tubuhnya memanjang yang dilengkapi dengan sirip punggung yang panjang. Spesies ini memiliki mulut yang besar, hidup dalam air yang tenang di sungai, kanal, danau, rawa dan cenderung menghuni perairan dengan vegetasi yang terendam air dan biasanya hanya ditemukan di kolam yang dalam, di sungai dan kadang-kadang di danau.
  
 Back