Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.382
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN GABUS


Nama / SpeciesIkan Gabus
Nama LatinChanna argus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyChannidae
GenusChanna
DescriptionTubuh snakeheads berbentuk torpedo yang mengecil ke arah ekor. Mereka memiliki sirip punggung tunggal yang panjang, sirip anal yang panjang, dan bentuk kepala yang kecil dengan mulut yang besar. Northern snakeheads adalah ikan silinder yang dapat tumbuh hingga panjang 85 cm. Seperti namanya, kepala ikan tampak seperti ular, mereka memiliki mulut besar dengan gigi yang tajam.
Patogenpatogen gabus
DampakIkan ini merupakan predator yang memiliki toleransi tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan. Penyebaran yang tidak terkendali menyebabkan kemungkinan untuk memperluas jangkauan penyebaran yang permanen dan dapat mengubah keseimbangan ekosistem perairan. Spesies ini adalah jenis ikan rakus yang memakan berbagai organisme perairan. Mampu bertahan dalam air dengan kandungan oksigen sangat rendah sehingga mampu memberi keunggulan kompetitif atas spesies lain seperti pike and bass yang membutuhkan lebih banyak oksigen. Northern snakeheads juga berasosiasi dengan berbagai jenis parasit yang bisa mempengaruhi spesies asli di berbagai belahan dunia.
Nama Umumnorthern snakehead, ocellated snakehead, amur snakehead
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAsia, Kamboja, Kanada, Republik Ceko, Jepang, Hong Kong, Kazakhstan, Nigeria, Slovakia, Thailand, Turkmenistan, Amerika Serikat (AS), Uzbekistan, Vietnam, Korea.
Penyebaran Daerah AsingChina, Federasi Rusia.
Karakteristik KhususMereka memiliki sirip punggung tunggal yang panjang, sirip anal yang panjang, dan bentuk kepala yang kecil dengan mulut yang besar. Ikan ini lebih suka mendiami kolam dangkal stagnan atau rawa dengan substrat lumpur dan vegetasi, mereka juga dapat ditemukan di sungai berlumpur dan di kanal, waduk, danau, juga sungai
  
 Back