Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.139
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN SARDEN


Nama / SpeciesIkan Sarden
Nama LatinAlosa pseudoharengus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyClupeidae
GenusAlosa
DescriptionAlosa pseudoharengus atau disebut juga alewife memiliki warna yang beragam, mulai dari abu-abu, hijau atau ungu di bagian atas yang memudar bawah sisi perut. Tubuh berbentuk lateral dikompresi dengan sirip ekor yang bercabang. Garis tengah perut terlihat tajam dan jelas. Jenis ikan dewasa biasanya tumbuh dengan ukuran panjang 25cm sampai dengan 28 cm (10-11 inci) dan berat 230 gram sampai dengan 255 gram (8 sampai 9 ons). Alewife bermigrasi dari laut untuk bertelur di perairan tawar.
Patogen-
DampakInvasi dari ikan jenis ini mengakibatkan terganggunya siklus reproduksi dari berbagai jenis ikan seperti seperti emerald shiner (Notropis atherinoides), yellow perch (Perca flavescens), deepwater sculpin (Myoxocephalus thompsoni), dan burbot (Lota lota). Alosa pseudoharengus ini memakan berbagai jenis zooplankton sehingga mengakibatkan penurunan kelimpahan zooplankton tersebut dan pada akhirnya berdampak pada berbagai jenis ikan yang makan dengan bergantung pada ketersediaan zooplankton di perairan dan berbagai juvenil ikan yang tergantung pada ketersediaan zooplankton pada awal siklus hidupnya. Alosa pseudoharengus juga memakan telur dan larva ikan jenis lain sehingga mengakibatkan punahnya beberapa jenis ikan endemik.
Nama Umumalewife, bigeye herring, branch herring, freshwater herring, gray herring, grayback, kyack, mooneye,
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAmerika Serikat
Penyebaran Daerah AsingAmerika Utara
Karakteristik Khususmemiliki warna yang beragam, mulai dari abu-abu, hijau atau ungu di bagian atas yang memudar bawah sisi perut. Ikan jenis ini hidup di perairan tawar dengan menempati habitat muara, danau dan aliran sungai
  
 Back