Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.285
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN GOBY


Nama / SpeciesIkan Goby
Nama LatinAcanthogobius flavimanus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyGobiidae
GenusAcanthogobius
DescriptionAcanthogobius flavimanus mudah diidentifikasi karena ukurannya yang besar. Ikan dengan nama umum yellowfin goby ini memiliki kepala yang besar dan tubuh memanjang dan dapat tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm. Warna ikan ini adalah coklat pucat dengan bintik-bintik dengan sirip ventral berwarna kuning dan beberapa ikan gobi lain memiliki sirip ventral bening, putih, abu-abu atau hitam. Juvenil ikan jenis ini memiliki sirip ventral pucat dan anus berwarna kuning.
Patogenpatogen goby
DampakIntroduksi dari Acanthogobius flavimanus berdampak pada penurunan dan perubahan komunitas spesies ikan asli. Introduksi ikan jenis ini di California menyebabkan ikan endemik Eucyclogobius newberryi terancam punah karena kalah bersaing dalam hal sumber makanan.
Nama Umumyellowfin goby
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliCina, Jepang, Korea, Malaysia, Federasi Rusia, Vietnam
Penyebaran Daerah AsingAustralia, Amerika Serikat
Karakteristik KhususWarna ikan ini adalah coklat pucat dengan bintik-bintik dengan sirip ventral berwarna kuning dan beberapa ikan gobi lain memiliki sirip ventral bening, putih, abu-abu atau hitam. Ikan ini menghuni dasar berlumpur dan berpasir sepanjang pantai teluk, muara dan terkadang naik ke sungai. Biasanya ditemukan di perairan tawar dengan kedalaman sampai dengan 14 meter
  
 Back