Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.386
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - BELUT LISTRIK


Nama / SpeciesBelut Listrik
Nama LatinElectrophorus electricus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyGymnotidae
GenusElectrophorus
DescriptionElectrophorus electricus atau disebut juga dengan belut listrik memiliki bentuk tubuh silinder dengan kepala agak pipih dan mulut yang besar, tubuh memanjang seperti ular yang dapat mencapai 2,5 m dan tidak memiliki ekor. Mereka juga memiliki sirip anal yang sangat panjang yang digunakan sebagai alat gerak.Mereka memiliki insang dan memiliki kulit yang tebal dan licin yang menutupi seluruh tubuh. Belut listrik berwarna abu-abu sampai kecoklatan atau warna hitam dengan beberapa warna kekuningan pada bagian ventral anterior tubuh. Tubuh belut listrik ini mengandung organ listrik yaitu sekitar 6.000 sel khusus yang disebut electrocytes yang menyimpan listrik seperti baterai. Ketika terancam atau pada saat menyerang mangsanya, sel-sel ini akan melepaskan arus listrik secara bersamaan, memancarkan ledakan sekitar 600 volt.
Patogenpatogen belut listrik
DampakDampak dari belut listrik ini dapat sangat berbahaya bagi manusia karena kemampuan mereka menghasilkan daya listrik yang kuat. Mereka mampu menghasilkan tegangan yang cukup untuk melukai manusia dan hewan lainnya. Meskipun kematian manusia akibat sengatan listrik dari jenis belut ini sangat jarang terjadi, akan tetapi sengatan tersebut dapat menimbulkan guncangan beberapa saat yang dapat menyebabkan kegagalan pernapasan
Nama Umumelectric eel
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliSpesies ini terdapat di habitat asli yaitu bagian timur laut Amerika Selatan termasuk Sungai Orinoco dan Guyanas serta cekungan Amazon.
Penyebaran Daerah AsingPenyebaran daerah asing dari ikan jenis ini belum diketahui.
Karakteristik Khususmemiliki bentuk tubuh silinder dengan kepala agak pipih dan mulut yang besar, tubuh memanjang seperti ular yang dapat mencapai 2,5 m dan tidak memiliki ekor. Umumnya mendiami dasar sungai berlumpur, kolam, dan rawa dengan sekali-kali muncul ke permukaan untuk mendapatkan oksigen untuk bernafas.
  
 Back