Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.320
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN CANDIRU


Nama / SpeciesIkan Candiru
Nama LatinVandellia cirrhosa
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyTrichomycteridae
GenusVandellia
DescriptionBentuk tubuh Candirus adalah kecil, dan ikan dewasa dapat tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 40 cm (16 inchi) dengan kepala agak kecil dan perut buncit yang dapat terjadi setelah makan dalam jumlah yang banyak. Tubuh tembus pandang sehingga cukup sulit untuk melihat di perairan keruh. Ada sungut sensorik pendek di sekitar kepala. Jenis ini terkenal karena bisa memasuki uretra manusia yang buang air kecil di bawah permukaan air. Ikan ini merupakan parasit yang menghisap darah (semua genus Vandellia).
Patogenpatogen candiru
DampakIkan ini merupakan parasit yang menghisap darah. Selain itu, ikan ini juga berbahaya bagi manusia, karena dapat masuk pada saluran uretra manusia yang buang air kecil di bawah permukaan air sungai. Ikan ini ternyata tidak hanya masuk ke dalam saluran uretra tersebut, akan tetapi juga meninggalkan duri yang menyebabkan rasa sakit yang hebat sehingga diperlukan operasi untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.
Nama Umumcandiru
Status di indonesiaBelum Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah Aslilele pensil parasit asli cekungan Amazon, dimana ikan ini juga ditemukan di negara-negara lain seper
Penyebaran Daerah AsingPenyebaran daerah asing dari ikan jenis ini belum diketahui.
Karakteristik KhususBentuk tubuh Candirus kecil, dan ikan dewasa dapat tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 40 cm (16 inchi) dengan kepala agak kecil dan perut buncit yang dapat terjadi setelah makan dalam jumlah yang banyak. Tubuh tembus pandang sehingga cukup sulit untuk melihat di perairan keruh. Habitatnya yaitu hidup demersal pada wilayah perairan tawar beriklim tropis.
  
 Back