Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.137
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN BUNTAL


Nama / SpeciesIkan Buntal
Nama LatinTetraodon miurus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyTetraodontidae
GenusTetraodon
DescriptionIkan ini dinamakan puffer fishkarena mereka memiliki perut elastis yang bisa mengembang dengan berisi air atau udara, biasanya merupakan respon terhadap beberapa jenis ancaman, meskipun dalam akuarium banyak spesimen tampak mengembang diri tanpa alasan yang jelas. Ikan menjadi 2 atau 3 kali ukuran normal, cukup besar untuk menakut-nakuti predator potensial, atau sulit untuk menelan.Puffers juga memiliki beberapa adaptasi menarik lainnya. Mereka adalah salah satu dari beberapa ikan yang benar- benar dapat berkedip atau menutup mata.. Mereka juga memiliki paruh seperti mulut, yang dibentuk oleh fusi dari 2 gigi dari rahang masing-masing (maka Tetraodon). Ini digunakan untuk menghancurkan invertebrata, makanan favorit ikan tersebut.
Patogenpatogen buntal
DampakBanyak bagian tubuh puffers mengandung neurotoxin tetrodoxin yang mematikan. Ini adalah racun jenis yang sama dengan yang ditemukan dalam gurita cincin biru. Bila tertelan dalam jumlah yang cukup, dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.
Nama Umumstanleypool puffer
Status di indonesiaBelum Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliHidup endemik di wilayah Republik Kongo, Republik Demokratik Kongo.
Penyebaran Daerah AsingPenyebaran daerah asing dari ikan jenis ini belum diketahui.
Karakteristik Khususmemiliki perut elastis yang bisa mengembang dengan berisi air atau udara, biasanya merupakan respon terhadap beberapa jenis ancaman
  
 Back